Rapor Pendidikan Tahun 2025
"Rapor Pendidikan" untuk SMP Negeri 3 Cikarang Timur, yang mencakup ringkasan kinerja pendidikan sekolah untuk tahun 2025. Dokumen ini mengevaluasi beberapa aspek kualitas pendidikan sekolah, berdasarkan penilaian dari Kemendikdasmen dan berbagai sumber data nasional.
Berikut adalah poin-poin kunci dari laporan:
- Kemampuan Literasi Siswa: Baik, tetapi terjadi penurunan dari tahun 2024. Ini mencakup keterampilan membaca dan memahami teks non-fiksi (surat, artikel) dan fiksi (cerita, novel).
- Kemampuan Numerasi Siswa: Baik, dengan penurunan dari tahun 2024. Ini mencakup pemahaman dan penggunaan konsep dalam angka, aljabar, geometri, dan data.
- Kondisi Keamanan Sekolah: Baik, dengan penurunan dari tahun 2024. Ini merujuk pada tidak adanya bullying, hukuman fisik, kekerasan seksual, dan zat berbahaya.
- Kondisi Keragaman Sekolah: Baik, dengan penurunan dari tahun 2024. Ini termasuk toleransi terhadap berbagai agama dan budaya, serta kesetaraan di antara siswa.
- Kualitas Pembelajaran: Sedang, dengan peningkatan dari tahun 2024. Ini mencakup aspek seperti lingkungan kelas yang terorganisir dengan baik dan perhatian dari pendidik.
- Karakter Siswa: Sedang, dengan penurunan dari tahun 2024. Ini berkaitan dengan nilai-nilai seperti iman, etika, kerjasama, kreativitas, pemikiran kritis, penghormatan terhadap keragaman, dan kemandirian.
Laporan ini mendorong orang tua dan wali untuk berinteraksi dengan perwakilan kelas dan orang tua lainnya untuk mendiskusikan cara-cara untuk meningkatkan hasil, terutama yang berfokus pada mendukung siswa dalam mengembangkan karakter dan kemampuan belajar mereka.
Berikut adalah rincian yang lebih mendetail tentang bagian-bagian dari "Rapor Pendidikan" untuk SMP Negeri 3 Cikarang Timur:
- Kemampuan Literasi Siswa
- Penilaian: Baik
- Tren: Penurunan dari 2024
- Deskripsi: Bagian ini mengevaluasi kemampuan siswa untuk membaca dan memahami berbagai jenis teks, baik non-fiksi (misalnya, surat, artikel) maupun fiksi (misalnya, cerita, novel). Penurunan dari 2024 menunjukkan bahwa meskipun kemampuan literasi sekolah masih dianggap "baik," terdapat penurunan dibandingkan tahun sebelumnya.
- Contoh: Kemampuan siswa untuk membaca teks pemahaman seperti surat atau artikel dan menginterpretasikan cerita dan novel.
- Kemampuan Numerasi Siswa
- Rating: Baik
- Trend: Menurun dari 2024
- Deskripsi: Ini mengevaluasi pemahaman siswa tentang konsep matematika, termasuk angka, aljabar, geometri, dan analisis data. Penurunan dari 2024 mencerminkan penurunan di bidang ini, meskipun secara keseluruhan masih memiliki rating "baik".
- Contoh: Kemampuan untuk memahami dan menggunakan angka, ekspresi aljabar, bentuk geometri, dan data untuk memecahkan masalah.
- Kondisi Keamanan Sekolah
- Rating: Baik
- Trend: Menurun dari 2024
- Deskripsi: Tindakan keamanan dinilai di sini, termasuk tidak adanya perundungan, hukuman fisik, kekerasan seksual, dan zat berbahaya di lingkungan sekolah. Meskipun tetap dinilai baik, area ini menunjukkan penurunan sejak 2024, mengisyaratkan bahwa keamanan mungkin telah sedikit melemah dalam setahun terakhir.
- Contoh: Memastikan tidak ada kasus perundungan atau kekerasan di sekolah, dan bahwa zat berbahaya tidak ada.
- 4. Kondisi Keberagaman Sekolah
- Peringkat: Baik
- Tren: Penurunan dari 2024
- Deskripsi: Bagian ini mengukur toleransi dan penerimaan terhadap beragam agama, budaya, dan kesetaraan di antara siswa. Meskipun sekolah masih memiliki peringkat yang baik di area ini, penurunan dari 2024 mungkin menunjukkan bahwa promosi keberagaman dan toleransi sedikit menurun dalam setahun terakhir.
- Contoh: Mendorong siswa untuk menghormati berbagai agama dan budaya serta mempromosikan kesetaraan di antara teman sebaya tanpa memandang latar belakang mereka.
- Kualitas Pembelajaran
- Peringkat: Sedang
- Tren: Peningkatan dari 2024
- Deskripsi: Kualitas lingkungan pembelajaran di dalam kelas dipertimbangkan di sini. Peringkat menunjukkan peningkatan dari 2024, menunjukkan bahwa sekolah telah bekerja untuk meningkatkan organisasi kelas dan perhatian yang diterima siswa dari guru mereka. Peringkat sedang mencerminkan ruang untuk perbaikan lebih lanjut.
- Contoh: Pengaturan kelas yang terorganisir dengan baik dan pendidik yang mendukung dan berinteraksi dengan siswa dalam pembelajaran mereka.
- Karakter Siswa
- Peringkat: Sedang
- Tren: Penurunan dari 2024
- Deskripsi: Area ini fokus pada pengembangan moral dan etika siswa, termasuk perilaku mereka dalam hal kerjasama, kreativitas, pemikiran kritis, penghormatan terhadap keberagaman, dan kemandirian. Meskipun pengembangan karakter masih berada pada tingkat sedang, ada sedikit penurunan dari 2024. Ini menunjukkan bahwa kerja lebih lanjut diperlukan untuk menumbuhkan karakter-karakter ini di kalangan siswa.
- Contoh: Mendorong siswa untuk menghormati orang lain, bekerja sama, berpikir kritis, kreatif, dan menunjukkan kemandirian baik di sekolah maupun dalam konteks sosial.
Wawasan Keseluruhan:
Rapor Pendidikan mengungkapkan pola umum kinerja "baik" di beberapa area, tetapi ada penurunan yang signifikan dalam literasi, numerasi, keamanan sekolah, keberagaman, dan karakter siswa dibandingkan tahun sebelumnya. Tren ini menunjukkan bahwa ada area yang perlu perhatian, terutama dalam menciptakan lingkungan sekolah yang lebih aman dan toleran, serta meningkatkan literasi dan pendidikan karakter.
Tulisan Lainnya
JADWAL UJIAN NON TULIS KELAS 9
JADWAL UJIAN NON TULIS KELAS 9 SMP NEGERI 3 CIKAR
Pembelajaran pada Bulan Ramadhan
Berdasarkan Surat Edaran bersama Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia, Menteri Agama Republik Indonesia, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Nomor : 4 Tahun


